Makan Pakai Tangan Tanpa Sendok, baik untuk kesehatan

Makan Pakai Tangan Tanpa Sendok, baik untuk kesehatan






Jika di indonesia, makan dengan menggunakan tangan bukan lah hal yang harus di herankan lagi. Makan pakai tangan sudah terlanjur banyak di gunakan orang indonesia, terkadang hal ini adalah warisan dari nenek moyang, dan ada sedikit kaitannya juga dengan tradisi. Hampir semua orang indonesia memilih untuk makan menggunakan tangan, jadi tidak hanya orang - orang desa saja ya. Tapi apakah kalian tahu manfaat dari makan pakai tangan? Pasti belum banyak yang tahu nih, lanjut baca ke bawah!..


Manfaat makan pakai tangan untuk kesehatan


8 Manfaat Makan Pakai Tangan Tanpa Sendok, baik untuk kesehatan


Sebelum saya menjelaskan manfaat dari makan pakai tangan ini, ada baiknya jika saya menjelaskan terlebih dahulu tentang aktivitas makan. Makan, bisa saja melibatkan hampir semua indra tubuh anda, dengan begini sesuatu yang kita makan bisa menjadi hal yang menyenangkan. Makan pakai tangan bisa membuat indra perabaan kita semakin kuat, contohnya saja pada saat kita makan dan menonton TV, kita bisa mengambil makanan di piring sambil menonton tanpa melihat piring sama sekali. Hal ini di karenakan kita sudah terbiasa makan pakai tangan, garpu dan sendok sepertinya tidak menyenangkan. Bagaimana, apakah kalian sudah mengerti? Nah, sekarang sudah waktunya untuk saya menjelaskan 8 manfaat yang bisa kita dapatkan dari makan menggunakan tangan.


1. Mencegah penyakit diabetes


Anda tidak ingin terkena penyakit diabetes? Segera beralih lah makan dengan menggunakan tangan! Pada umumnya, makan dengan bantuan sendok dan garpu mampu membuat makan lebih cepat pada orang yang terkena diabetes tipe 2. Kebiasan ini bisa saja kita kaitkan dengan tidak seimbangnya gula darah di dalam tubuh, kondisi seperti ini juga dapat meningkatkan resiko berbahaya pada anda, bisa saja kondosi ini membuat tingkatan resiko pada perkembangan diabetes tipe 2.


2. Menjadi sensor suhu


Makan dengan menggunakan sendok dan garpu bisa membuat kita tidak dapat merasakan tekstur dan suhu pada makanan tersebut, ini terjadi di karenakan makan dengan garpu dan sendok membuat kita memasukkannya langsung ke mulut. Cobalah makan dengan tangan untuk mengatasi ini! Makan dengan pakai tangan bisa melindungi lidah dan mulut anda dari rasa terbakar, hal ini di karenakan ujung saraf pada jari akan merasakan terlebih dahulu suhu dari makanan yang kita sentuh.


3. Membuat makan menjadi lebih lambat


Makan dengan sendok atau garpu dapat membuat makan anda lebih cepat selesai, sedangkan makan menggunakan tangan akan membuat proses makan anda menjadi lebih lambat. Jika makan kita lambat, maka proses makanan yang kita makan dapat di cerna dengan baik. Hal ini adalah hal yang bagus untuk anda, anda akan menjadi lebih sadar dengan proses mencerna makanan dan anda juga merasakan semua indra yang ada pada tubuh sendiri.


4. Makan terasa lebih enak


Tentunya hampir semua orang menginginkan perasaan makan dengan enak, walaupun makanan yang di makan tidak enak, tapi setidaknya perasaan makan kita juga tidak ikut menjadi tidak enak juga. Nah, makan dengan tangan adalah hal yang bisa menjadi menyenangkan dan baik untuk sistem pencernaan kita. Dari hal ini bisa saja membuat makan kita akan terasa lebih enak dan nikmat.


5. Meningkatkan sirkulasi darah


Makan dengan menggunakan tangan itu sama saja hal nya seperti melakukan olahraga, ajaibnya lagi, makan pakai tangan itu bisa melatih otot - otot pada tangan. Ini adalah hal yang sangat menguntungkan karena tanpa di sadari sirkulasi darah di dalam tubuh anda akan meningkat dengan sendirinya.


6. Meningkatkan rasa kenyang


Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa makan dengan menggunakan tangan dapat lebih cepat meningkatkan rasa kenyang jika di bandingkan dengan makan memakai sendok dan garpu. Lainnya, penelitian tersebut juga mengungkapkan, jika anda makan sambil membaca komik atau menonton TV, maka rasa lapar anda tidak akan cepat datang karena anda lebih memilih untuk memakan camilan saja.


7. Membangkitkan gairah dan emosi


Mungkin manfaat yang nomer 7 ini seperti tidak masuk akal jika tidak kita baca secara keseluruhannya, supaya bisa terlihat menjadi masuk akal, ada baiknya untuk membaca terlebih dahulu sebelum mengambil kesimpulan. Makan dengan menggunakan tangan bisa juga membangunkan gairah dan emosi para penggunanya, hal ini di karenakan ada kaitannya dengan mudra (posisi tangan) yang merupakan dasar - dasar gerakan yoga dan meditasi. Salah satu tradisi kuno mengungkapkan bahwa 5 jari yang ada pada tangan kiri dan kanan itu mewakili ke lima element, antaranya api, air, udara, tanah, dan surga.


Ke 5 element di percayai bisa memberikan getaran negatif yang akan berguna untuk membersihkan makanan tersebut. Oleh karena itulah, manfaat dari makan dengan menggunakan tangan itu menjadi sebuah pengalaman indrawi yang di percayai bisa membangkitkan gairah dan emosi.


8. Lebih higenis


Manfaat dari makan dengan menggunakan tangan adalah higenis, pasti anda akan sedikit heran dengan ini. Baiklah akan saya jelaskan sedikit dengan cara menanyakan beberapa pertanyaan kepada anda. Berapa kali anda mencuci peralatan makan anda sehari? Dan berapa banyak anda mencuci tangan anda dalam sehari? Pastinya lebih dari sekali bukan, sudah pasti lebih banyak dari pada peralatan makan. Nah, hal ini jauh lebih menguntungkan dari pada makan dengan menggunakan sendok dan garpu.
Di dalam tangan terdapat bakteri baik yang melindungi kita dari gangguan bakteri jahat, salah satu manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Untuk bisa memastikan tangan tetap bersih dan higenis, biasakan lah untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum anda makan, cuci lah tangan lebih dari sekali, kalau bisa jangan pada saat ingin makan saja.


Nah, itulah 8 manfaat makan pakai tangan yang sangat berakibat baik untuk kesehatan. Jika anda tidak percaya, anda bisa mencobanya terlebih dahulu di rumah anda. Cukup makan pakai tangan di rumah saja ya, bisa malu kalau kebiasaan makan pakai tangan kita di bawa ke tempat - tempat umum seperti lestoran.


Cara membiasakan makan pakai tangan
Akan saya berikan sedikit tips mudah supaya anda bisa terbiasa makan dengan menggunakan tangan kiri ataupun tangan kanan, tapi lebih baik rasanya jika kita menggunakan tangan kanan.
1. Menghilangkan rasa gengsi dan malu
Kebanyakan orang malas makan dengan menggunakan tangan karena alasan gengsi dan malu, pada hal mereka tidak tahu bahwa makan dengan tangan itu juga bermanfaat untuk kesehatan. Jika dulu banyak orang - orang kota yang gengsi dan malu jika makan pakai tangan, tapi sekarang sudah berbeda lagi, orang - orang dari desa pula yang malah gengsi dan malu jika makan pakai tangan. Ini sering kali terjadi kepada wanita.
2. Makan bersama - sama
Jika anda malu makan pakai tangan, ada baiknya jika anda mencobanya bersamaan dengan teman atau saudara anda. Dengan begitu, anda tidak akan merasakan malu lagi karena makannya di lakukan dengan orang lain secara bersamaan.
Selesai, itu lah cara yang bisa anda gunakan supaya bisa terbiasa makan pakai tangan. Anda juga bisa menggunakan cara anda sendiri jika cara yang saya berikan ini kurang ampuh untuk anda.

Comments