Abu Haqqi
Abu Haqqi Blogger

Tanggung Jawab Keluarga


Kelahiran anak dalam suatu keluarga selain memberikan kebahagiaan tersendiri juga menimbulkan tugas baru bagi kedua orang tuanya, tanggung jawab terhadap pemeliharaan dan pendidikannya Islam memandang anak adalah amanah Allah yang harus dipelihara dengan baik dari segala sesuatu yang membahayakan baik yang berhubungan dengan badaniah maupun rohaniah(Q.S.An-Nisa : 9).
Beberapa yang penting dalam menegakkan tanggung jawab orang tua terhadap anak diantaranya sebagai berikut :
1)      Ibu didorong untuk mengasuh anak-anaknya. Pengasuhan ini terlihat saat kehamilan, yang berarti keamanan anak dari segala sesuatu yang bersifat keduniawian pada saat dalam kandungan. Dari sini bisa ditarik keimpulan, seorang ibu pada dasarnya seorang pengasuh anak.
Bahwa dia secara tidak langsung ditugaskan untuk mengasuh anak sendirian, akan tetapi peran seorang ibu juga memberikan pendidikan dari usia dini hingga kejenjang pendidikan formal.
2)      Ayat ini juga menjelaskan tanggung jawab seorang bapak untuk menghidupi anak-anaknya, seorang suami adalahorang yang bertanggung jawab bagi kesejahteraan anggota keluarganya dan untuk menyediakan alat untuk memenuhi pangan, pakaian, tempat berteduh, dan kebutuhan lain untuk istrinya atau mereka yang menjadi tanggung jawabnya dan anak-anaknya. Jadi ayah berperan penting dalam kehidupan keluarga.
3)      Pendidikan anak sebaiknyadirundingkan oleh kedua orang tua. Ketika keseimbangan antara hak dan tanggung jawab dengan cara memberikan pendidikan aqidah (keimanan). Pendidikan agama dan pendidikan akhlak yang tepat dalam seluruh aspek pada diri anak, menempatkan tanggung jawab utama setiap orang tua sehingga mereka tak mudah dipengaruhi oleh kondisi dan situasi yang bagaimanapun. Dalam hal ini kedua orang tua harus memberikan pendidikan di lingkungan keluarga serta menyerahkan kelembagaan tertentudalam bidang pendidikan. Mendidik anak-anak dengan pengetahuan agama, aqidah muamalah, dan sejarah serta sesuai dengan tingkat usianya. Kewajiban pendidik dalam hal ini adalah menumbuhkan anakatas dasar pemahaman dasar-dasar iman dan ajaran Islam sebagai aqidah maupun ibadah dan hanya mengambil Islam sebagai agamanya.
Al-Qur’an sebagai imannya dan rasul sebagai pemimpin dan teladannya pembinaan dan pembiasaan ajaan agama pada anak sejak kecil. Sanagt penting karena dengan demikian akan dapat mengetahui dan menangkap bahasa dan pengertian yang berhubungan dengan agama secara berlahan-lahan karena kecerdasannya belum sampai ketaraf untuk mendapat hal-hal yang sifat abstrak.
Zakiah Darajat mengatakan apabila latihan-latihan keagamaan dilalaikan diwaktu kecil atau diberikan dengan yang kaku, salah, dan tidak akan cocok dengan kemampuan, maka ketika dewasa anak kurnag peduli terhadap ajaran agama, dari uraian ini dapat dipahami bahwa kedua orang tualah sebagai pendidik pertama dan utama dalam setiap keluarga, dan bertanggung jawab penuh terhadap kelangsungan pendidikan anak-anaknya, terutama sekali di bidang aqidah (keimanan) sehingga menjadi anak yang taat bertaqwa kepada Allah SWT. berguna kepada kedua orang tua, agama, nusa dan bangsa.

Abu Haqqi
Abu Haqqi  Blogger

Comments